4 Tips Mudah Merawat Glassboard Supaya Awet dan Terhindar dari Kerusakan

Tips Mudah Merawat Glassboard

Papan tulis kaca atau yang biasa disebut dengan glassboard merupakan salah satu perlengkapan alat untuk menulis dengan kapasitas yang besar. Berbeda dengan papan tulis biasa, papan tulis ini menggunakan kaca yang berkualitas sebagai material utamanya. Jika di masa lalu kita hanya mengenal papan tulis yang terbuat dari papan triplek ataupun jenis whiteboard, kini dengan semakin berkembangnya teknologi papan tulis pun berinovasi.

Menulis di papan tulis kini terasa lebih mudah dan efisien dengan hadirnya papan tulis kaca. Tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah, kehadirannya juga sangat dibutuhkan sebagai perlengkapan untuk menunjang kegiatan kerja di suatu perusahaan. Dalam suatu perusahaan, papan tulis kaca ini sering digunakan sebagai alat untuk presentasi maupun peralatan untuk rapat.

Dengan hadirnya papan tulis kaca, setiap orang akan semakin mudah untuk memberikan penjelasan ataupun menerangkan suatu hal. Tak heran, kini hampir di setiap perusahaan kehadirannya pun menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh sampai terlewatkan. Namun berbicara tentang kegunaan glassboard yang begitu populer, sayangnya tidak semua orang paham tentang bagaimana merawatnya supaya awet dan terhindar dari kerusakan.

Nah, jika Anda tidak ingin papan tulis kaca yang digunakan mudah rusak, maka lakukanlah perawatan dengan tips-tips mudah berikut ini!

Tips Merawat Glassboard Supaya Awet dan Terhindar dari Kerusakan

1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Tips Mudah Merawat Glassboard

Sama seperti alat tulis lainnya, untuk menjadikannya awet dan terhindar dari kerusakan, papan tulis berbahan kaca ini juga harus dilakukan pembersihan. Dengan membersihkannya secara rutin, maka setiap kotoran atau noda bekas tulisan spidol tidak akan menempel dan berbekas. Seperti yang kita tahu, papan tulis ini terbuat dari material kaca yang bersifat transparan. Setiap noda ataupun kotoran yang menempel pasti akan terlihat dengan jelas. Dan lebih buruknya lagi, jika dibiarkan noda pun akan berkerak dan menempel secara permanen.

Biasakanlah untuk langsung menghapus tinta spidol ketika sudah selesai digunakan. Hal itu penting supaya bekas tulisan tidak akan meninggalkan noda yang permanen. Sesekali Anda juga bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih kaca ataupun perasan air lemon, dijamin permukaannya akan tampak bersih dan mengkilap layaknya seperti baru.

Namun dalam proses pembersihan, sebaiknya gunakanlah alat berupa kain yang lembut dan halus. Jangan pernah sekalipun menggunakan alat yang bertekstur kasar seperti sikat, hal itu akan berbahaya karena bisa menggores permukaan kaca.

2. Tutup Glassboard Saat Sedang Tidak Digunakan

Merawat papan tulis kaca sangat mudah dan simpel. Setiap kali saat sedang tidak digunakan, tutuplah menggunakan kain. Hal ini sangat disarankan supaya kondisi permukaan kacanya selalu bersih dan terhindar dari goresan atau gesekan benda-benda yang ada disekitarnya.

3. Hindari dari Tekanan dan Benturan

Dalam menggunakan glassboard, sebisa mungkin Anda harus menghindarkannya dari tekanan dan benturan. Meskipun material kaca yang digunakan pada papan tulis ini menggunakan jenis kaca tempered yang tebal, namun sebagai langkah perawatan supaya awet jangan sekalipun membiarkan permukaannya tertekan ataupun terkena benturan.

Papan tulis kaca yang terkena tekanan beban berat ataupun terbentur akan sangat beresiko untuk mengalami retak dan akhirnya menjadi pecah.

4. Gunakan Alat Tulis yang Berkualitas

Tips Mudah Merawat Glassboard

Papan tulis kaca menggunakan spidol sebagai alat untuk menulisnya, tak ketinggalan alat berupa penghapus juga diperlukan. Untuk merawat papan tulis berbahan kaca supaya awet, maka gunakanlah alat tulis yang berkualitas. Hal ini penting karena alat tulis yang berkualitas sudah dipastikan tidak akan merusak permukaan kaca dan membuatnya selalu awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *