Apa Sih Beda Karpet Dan Tikar?

Banyak orang yang kurang mengerti bahwa sebenarnya karpet dan tikar itu berbeda, ada yang mengatakan bahwa keduanya sama saja karena digunakan untuk alas lantai. Tapi sebenarnya banyak perbedaan signifikan antara keduanya yang harus diketahui agar saat memiliki satu atau keduanya tidak salah. Mau tahu apa saja bedanya?

Karpet

5 Perbedaan Penting Antara Karpet dan Tikar

Lima perbedaan mendasar antara tikar dan karpet baik itu karpet kantor atau karpet untuk dirumah terletak pada bahan pembuatan, ukuran, kegunaan, harga dan motif. Jadi Anda lebih bisa menentukan mau pilih yang mana antara keduanya setelah tahu perbedaan tersebut, berikut ulasanya.

1. Bahan Pembuatan

Ditinjau dari bahan pembuatan, tikar biasanya terbuat dari anyaman daun pandan, mambu, atau rotan yang kemudian dibentuk menjadi alas lantai berbentuk segi empat, atau berbentuk oval. Sementara karpet terbuat dari berbagai bahan mulai dari beludru, sutra, nylon, kulit binatang, hingga serat alami yang dimodifikasi, bentuknya juga lebih variatif bukan hanya petak atau bulat.

2. Ukuran

Ukuran dari tikar biasanya terbatas dan disesuaikan dengan ukuran sebuah ruangan. Sedangkan karpet yang biasanya dijual di toko karpet Jakarta atau toko di daerah manapun memiliki ukuran yang beragam mulai dari ukuran terkecil sebesar keset kaki, hingga ukuran sebesar ruangan meeting sebuah kantor. Untuk karpet biasanya juga bisa custom ukuran dan bentuk.

3. Kegunaan

Kalau mengkaji dari kegunaannya memang hampir sama, tikar berfungsi sebagai alas lantai yang digunakan untuk tempat duduk saat ada acara tertentu, atau saat bersantai. Sama halnya dengan karpet, namun ada fungsi lain dari karpet yaitu sebagai aksesoris ruangan agar terlihat makin mewah seperti karpet kantor yang fungsinya hanya sebagai pemanis ruangan, bukan untuk diduduki.

Contoh penggunaan tikar adalah sebagai alas lantai saat acara adat di sebuah rumah adat, sedangkan penggunaan karpet, sebagai alas meja tamu agar ruang tamu kelihatan lebih indah, atau diletakkan di pojok ruangan sebagai alas vas bunga yang semakin menyempurnakan estetika sebuah ruangan.

4. Harga

Harga tikar cenderung lebih murah ketimbang karpet, karena bahan pembuatannya terbilang murah dan mudah didapatkan, dengan harga puluhan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan sebuah tikar ukuran tertentu. Sedangkan karpet harganya relatif mahal karena proses pembuatannya yang cukup rumit apalagi jika bentuk-bentuk tertentu.

5. Motif

Soal motif, tikar memiliki motif terbatas karena pembuatannya yang biasanya menggunakan tenaga manuia secara manual dengan bahan seadanya. Sedangkan karpet memiliki motif lebih banyak karena sudah menggunakan mesin untuk pembuatannya terutama untuk karpet berbahan tertentu yang membutuhkan teknologi tinggi.

Motif pada tikar biasanya hanya berupa bunga, pemandangan, atau motif abstrak. Sedangkan karpet motifnya bisa Anda pesan sesuai kebutuhan, bahkan saat ini sudah ada karpet dengan motif 3D atau tiga dimensi yang pembuatannya super canggih.

Setelah mengetahui perbedaan mendasar dari tikar dan karpet, baik itu karpet untuk di rumah atau karpet kantor maka Anda akan lebih mudah menentukan jenis mana yang perlu dibeli untuk kebutuhan di rumah atau kantor, agar pemanfaatannya benar-benar maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *