3 Efek yang Akan Terjadi Akibat Membersihkan Karpet dengan Air Hangat Secara Berlebihan

Memang saat ini, karpet merupakan kebutuhan yang dianggap penting untuk mendekorasi interior ruangan baik di rumah, kantor maupun hotel. Berbagai macam jenis karpet digunakan untuk mempercantik ruangan.

Banyak jasa desain interior yang memanfaatkan karpet tile untuk mempercantik ruangan. Hal tersebut karena harga karpet tile di Greenfloor lebih terjangkau dari karpet pada umumnya.

Harga karpet murah ini menjadi salah satu alasan mendasar bagi orang-orang untuk lebih memili karpet jenis tile daripada karpet biasa. Selain itu, karpet tile mudah dibersihkan daripada karpet bulu yang agak susah dibersihkan sendiri.

Nah, ada cara mudah untuk membersihkan segala jenis karpet dari noda yang membandel, yaitu menggunakan campuran cuka, deterjen dan air hangat yang tidak berlebihan. Namun meskipun demikian, sebaiknya setiap orang harus berhati-hati dalam menggunakan air hangat untuk membersihkan karpet, pasalnya penggunaanya yang berlebihan akan membuat karpet menjadi rusak.

Efek Membersihkan Karpet dengan Air Hangat Secara Berlebihan

Perlu kamu ketahui penggunaan air hangat yang berlebihan untuk membersihkan kapet dapat menyebabkan efek yang buruk bagi karpet. Adapun efek membersihkan karpet dengan air hangat secara berlebihan adalah sebagai berikut.

1. Dapat Menyebabkan Tumbuh Jamur

jamur karpet

Membersihkan karpet dengan menggunakan campuran cuka, deterjen dengan sedikit air hangat memang dianggap dapat menghilangkan noda yang membandel.

Namun, ternyata jika terlalu berlebihan menggunakan air hangat dapat menyebabkan karpet menjadi lebih lembap. Akibatnya karpet menjadi cepat berjamur, khususnya pada lapisan karpet yang terkena noda.

Hal tersebut karena air hangat yang disiramkan ke karpet dapat menyebabkan karpet susah kering sehingga karpet menjadi lembap dan kemudian tumbuh jamur. Nah, jika hal ini terjadi otomatis kamu akan mengeluarkan uang untuk membeli karpet dengan harga karpet tile yang mungkin juga dapat menguras budget yang kamu miliki.

2. Menimbulkan Bau yang Tidak Sedap

karpet bau
Sumber gambar: http://thebeautybox.info/how-to-clean-mold-from-carpet/mold-carpet-cleaning-cleaner-how-to-clean-from-removal-outdoor/

Memang harga karpet tile murah sering ditawarkan di pasaran, namun bukan berarti kamu harus sembarangan dalam mencuci karpet. Nah, supaya kamu mengetahui cara membersihkan karpet yang benar, simak tips berikut.

  • Usahakan bersihkan karpet setiap hari dengan mengibaskan karpet supaya kotoran yang ada di karpet jatuh. Hal ini bertujuan supaya kotoran tidak menempel lama di karpet. Jika kotoran menempel terlalu lama di karpet akan menyebabkan noda membandel untuk dibersihkan.
  • Kamu juga dapat membersihkan karpet bulu dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, sebelumnya lapisi karpet dengan menggunakan kain tipis setelah itu baru gunakan vacuum cleaner di atasnya.
  • Untuk membersihkan bau pada karpet, kamu dapat menggunakan bedak bayi. Taburkan bedak bayi kemudian usapkan bedak bayi secara merata di permukaan karpet. Diamkan selama 1 malam kemudian sedot sisa taburan bedak bayi tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner.

Tersebut adalah tips atau cara membersihkan karpet secara rutin sehingga tidak menimbulkan noda membandel di karpet milikmu. Jika karpet lama tidak dibersihkan akan menimbulkan noda membandel sehingga kamu akan membutuhkan campuran cuka, deterjen dan air hangat.

Namun sayangnya penggunanan air hangat yang berlebihan dan disemprotkan ke karpet dapat menyebabkan karpet berbau tidak sedap. Hal ini terjadi karena karpet yang telah dibersihkan dengan mengggunakan air hangat yang berlebihan susah kering hingga menimbulkan bau apek.

3. Dapat Merusak Material Karpet

Vakum Karpet
Sumber gambar: http://shrutisindhura.org/mildew-under-carpet/

Sangat disarankan saat membersihkan karpet tidak menggunakan air hangat secara berlebihan. Penggunaan air hangat secara berlebihan dapat merusak material karpet, bisa jadi bulu karpet menjadi rusak dan rontok. Selain itu dapat menyebabkan lapisan karpet menjadi tidak halus dan indah lagi.

Nah, jika hal tersebut terjadi, secara tidak langsung kamu harus membeli karpet pengganti. Membeli karpet baru tidak semudah yang dibayangkan, karena kamu harus memilih jenis karpet apa yang kamu inginkan, Kamu pun harus mengecek harga karpet tile dan jenis lainnya yang sesuai dengan budget.

Jadi, yang terbaik adalah bersihkan karpetmu secara rutin supaya tidak muncul noda yang membandel di karpet. Selain itu, gunakan campuran cuka, deterjen dan air hangat secukupnya supaya tidak merusak material karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *